ZanuZawa - Tutorial Adobe Flash, Android, Adobe AIR, HTML5

April 22, 2014

Basic Guitar Chords App for Windows Phone

Basic Guitar Chords

Good morning, happy to announce that my app named Basic Guitar Chords now available on Windows Phone Store.

This app is suitable for beginner level guitarists. It provided with simple chords that always used on easy listening songs.

Features :

* Simple and easy to use
* Beautiful graphics
* Zoom in on guitar chord
* Focus on basic chords only

You can download here : http://www.windowsphone.com/id-id/store/app/basic-guitar-chords/aefb239e-eb4b-4615-8130-c45df8f360f8
April 16, 2014

Adobe AIR Runtime Dihilangkan di BlackBerry 10.3.1 Ke Atas

Ada kabar yang kurang menyenangkan dari BlackBerry terutama bagi para developer berbasis Adobe AIR/Flash. Mulai BlackBerry 10 OS versi 10.3.1 ke atas tidak akan lagi support aplikasi/game berbasis Adobe AIR karena Adobe AIR runtime akan dihilangkan. Developer pun dianjurkan untuk memporting aplikasinya ke HTML5 atau ke Android.

Sebenarnya sih mudah saja untuk memporting aplikasi Adobe AIR ke Android secara captive runtime (aplikasi dan Adobe AIR runtime dibundle jadi satu), namun tetap saja bagi saya lebih menyenangkan kalau Adobe AIR runtime menjadi satu bagian dari BlackBerry 10 OS.

Beberapa waktu yang lalu sempat testing game berbasis Adobe AIR (menggunakan Starling Framework) di ponsel BlackBerry Z10 OS versi 10.2.1, game tersebut berjalan mulus meskipun berupa file .apk Android captive runtime. Jadi game berjalan di atas Android runtime yang ada di BlackBerry 10 dan bukan di Adobe AIR runtime.

Mungkin karena alasan efisiensi biaya bagi BlackBerry sehingga support untuk Adobe AIR pun akhirnya dihilangkan. Toh bagi si BlackBerry tanpa Adobe AIR runtime pun para developernya masih bisa develop aplikasi Adobe AIR dengan jalan dijadikan file Android captive runtime. Tentunya ada kekurangannya jika dibandingkan aplikasi yang berjalan di atas Adobe AIR runtime bawaan BlackBerry 10 OS :)

Kumpulan File ANE Adobe AIR untuk Android dan iOS

Adobe AIR is Dead, kalimat itu sudah terdengar beberapa tahun yang lalu namun sampai dengan saat ini para developer Adobe AIR masih saja eksis meskipun tidak sedikit juga yang mulai berbondong-bondong pindah ke Unity.

Nah, di link berikut terdapat kumpulan sekitar 200 file ANE AIR Native Extensions yang mungkin berguna bagi kawan-kawan developer aplikasi Android/iOS berbasis Adobe AIR.

More info : http://www.riaxe.com/blog/200-adobe-air-anes/
March 15, 2014

Direct Link ke Nokia X Store

Kadang ketika kita bikin aplikasi/game, kita akan menambahkan tombol untuk mengalihkan user ke halaman deskripsi aplikasi di app store agar memudahkan user untuk memberikan rate ataupun komentar aplikasi/game tersebut.

Rate dari user sendiri dipandang perlu karena dengan semakin banyak rate (biasanya berbentuk bintang 1-5) akan menambah bobot berkualitas apa tidaknya sebuah aplikasi/game.

Di Nokia X Store ternyata link untuk mengakses halaman deskripsi aplikasi hampir sama dengan di Google Play yakni seperti berikut :

market://details?id=com.nama.package

Mungkin sama-sama berbasis Android ya jadi caranya sama meskipun app store nya yang akan dimunculkan beda :p

Eh iya, Adobe AIR juga bisa berjalan mulus loh di Nokia X. Tapi syaratnya harus dijadiin captive runtime yah file .apk nya :)

Untuk mengakses Nokia X Store dari aplikasi/game Adobe AIR bisa menggunakan contoh script di postingan lama saya ini.
January 7, 2014

2014

Ah, perjalanan hidup ini cepat sekali dan nggak terasa sudah memasuki awal tahun 2014. Tahun baru kemarin seperti biasa dihabiskan dengan tidur-tiduran di kamar. Suara kembang api yang bersahut-sahutan di malam itu seakan menjadi rutinitas membosankan setiap akhir tahun. Entah saya yang kurang pandai menikmatinya atau karena malas keluar rumah malam-malam... hmmm entahlah...

Tahun 2014 ini saya tidak mempunyai resolusi macam-macam seperti tahun-tahun sebelumnya. Let it flow aja sambil menikmati hari demi hari :)
November 4, 2013

Logo PIEMA

Logo

Klien : PIEMA
Deskripsi : Regional emergency management alliance
October 31, 2013

Logo InSite

Logo

Klien : InSite
Deskripsi : Corporate intranet website